Selasa, 14 Juli 2015

Belanja Pakai Smartphone Meningkat Pesat di Indonesia

Belanja Pakai Smartphone Meningkat Pesat di Indonesia
Jakarta, Rifan Financindo Berjangka - ransaksi belanja online menggunakan smartphone di tanah Air meningkat signifikan pada tahun lalu. Berdasarkan hasil survei MasterCard, lebih dari separuh konsumen atau 54 persen koresponden di Indonesia memilih menggunakan seluler untuk berbelanja online.
MasterCard’s Mobile Shopping Survey merupakan penelitian dengan serangkaian interview yang dilaksanakan di 14 negara antara Oktober sampai dengan Desember 2014. Di Indonesia, jumlah konsumen yang telah melakukan aktivitas belanja melalui smartphone mengalami pertumbuhan, dari 46,7 persen di tahun 2013 menjadi 54,9 persen pada tahun lalu.
Survei tersebut menempatkan Indonesia di lima teratas negara di Asia Pasifik yang mengalami pertumbuhan tinggi belanja online via smartphone. China menempati posisi tertinggi sebesar 70,1 persen, disusul India 62,9 persen, Taiwan 62,6 persen dan Thailand 58,8 persen.
Menurut survei tersebut, hampir setengah dari konsumen di Asia Pasifik (45,6 persen) telah berbelanja melalui smartphone. Pakaian, aksesoris, aplikasi serta kupon belanja harian merupakan barang yang paling digemari dan sering dibeli oleh para konsumen di wilayah tersebut.
Survei yang dilakukan selama tiga bulan ini mengungkapkan bahwa faktor kenyamanan merupakan faktor utama yang mendorong konsumen untuk membeli berbagai kebutuhan mereka melalui smartphone. Selain digunakan untuk berbelanja, konsumen tersebut juga menggunakan smartphone untuk membandingkan antara harga di toko konvensional dan di toko online.
"Meningkatnya kepemilikan smartphone memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku orang-orang di Asia Pasifik dalam berbelanja dan menggunakan uang mereka," ujar Raj Dhamodharan, Group Head, Emerging Payments, MasterCard Asia Pacific melalui siaran pers, Senin (13/7).
Namun, Dhamodharan mengingatkan seiring dengan berkembangnya metode pembayaran yang semakin beragam serta semakin banyaknya informasi yang disimpan pada berbagai perangkat telepon, keamanan data merupakan suatu hal yang peting bagi konsumen.
"Para penjual dan portal belanja online juga harus memastikan cara-cara yang mudah dan sederhana untuk melakukan pencarian item belanja dan pembayaran karena kenyamanan merupakan faktor terpenting bagi konsumen untuk berbelanja melalui smartphone mereka atau di toko,” tuturnya.
Berikut hasil penelitian MasterCard’s Mobile Shopping Survey:
                                                        2014    2013   2012
  1. China                                70.1       59.4         54.1
  2. India                                 62.9       47.1         30.3
  3. Taiwan                            62.6        45.2         28.2
  4. Thailand                         58.8        51.2         51
  5. Indonesia                       54.9        46.7        54.5
  6.  Korea                              53.8        47.6        40.2
  7. Malaysia                         45.6        31.5        25.4
  8. Vietnam                          45.2        34.9        33.7
  9. Hong Kong                    38.2        40            40.9
  10. Singapore                      36.7        31.4         39.8
  11. Philippines                    34            32.8         21.4
  12. Japan                              25.8        22.9         25.8
  13. New Zealand                20.7        15              18.2
  14. Australia                        19.6        24.8          18.7
  15. Asia Pacific                  45.6        38.6          35.4

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/ekonomi

0 komentar:

Posting Komentar