Rabu, 22 November 2023

PT Rifan - Membuka Potensi: OJK Soroti Transaksi Bursa Karbon Senilai Rp29,45 Miliar



PT. Rifan Financindo Berjangka – Dalam langkah signifikan menuju praktik keuangan berkelanjutan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan bangga mengumumkan bahwa nilai akumulasi transaksi bursa karbon telah mencapai Rp29,45 miliar sejak diluncurkan pada 26 September 2023.

Di garis depan gerakan keuangan hijau ini adalah Kepala Pengawasan Eksekutif Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi. Saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Djajadi mengungkapkan bahwa 24 pengguna telah mendapatkan izin, secara bersama-sama terlibat dalam transaksi sebesar 464.843 ton setara karbon dioksida (CO2e). Ini menandai peningkatan yang signifikan dari catatan tanggal 9 September, di mana 16 pedagang menangani 459.953 ton CO2e.

Baca juga : INDEX NEWS UPDATE - Harga Emas Pada Hari Ini, Rabu 22 November 2023

Peluncuran resmi Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) di Bursa Efek Indonesia pada 26 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia dalam menghadapi perubahan iklim. Presiden Jokowi menekankan bahwa hasil dari transaksi tersebut akan diinvestasikan kembali untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan, terutama dalam pengurangan emisi karbon. Indonesia, dengan potensi besar dalam solusi berbasis alam, menjadi satu-satunya negara di mana sekitar 60% pengurangan emisi karbonnya berasal dari sektor alam.

Iman Rachman, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan penyelenggara bursa karbon, IDXCarbon, menyoroti komitmen platform terhadap transparansi, keteraturan, keadilan, dan efisiensi. Bursa beroperasi sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 14 tahun 2023 tentang Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon.

Integrasi IDXCarbon dengan Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI) mempermudah administrasi unit karbon, mengurangi risiko perhitungan ganda. Saat ini, IDXCarbon menawarkan empat mekanisme perdagangan: Lelang, Perdagangan Reguler, Perdagangan Negosiasi, dan Marketplace.

PT. Rifan Financindo Berjangka – Glh

0 komentar:

Posting Komentar