Kamis, 21 Desember 2023

PT Rifan - Negara China Akan Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

 


PT Rifan Financindo Berjangka - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendapat ketertarikan investasi kendaraan listrik dari sejumlah produsen EV.


"Saya baru sampai dari China habis ngomong sama 4 pabrikan mereka (kendaraan listrik). Mereka pada Ppinsipnya mengapresiasi policy yang kita buat untuk target produksi 600.000 di 2030,” ungkap Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Rachmat Kaimuddin saat ditemui media di Westin Jakarta, Kamis (21/12/2023).


BACA JUGA : INDEX NEWS UPDATE - Harga Emas Pada Hari Ini Kamis 21 Desember 2023


“Jadi biar mereka nanti yang bawa produknya, kita akan melihat lebih banyak produk kendaraan listrik di Indonesia,” bebernya, tanpa menyebut secara spesifik nama produsen yang sudah memberikan ketertarikan investasi.


Siap Investasi

Tetapi Rachmat memastikan, secara prinsip para produsen kendaraan listrik dari China berkomitmen untuk investasi di Indonesia.


Komitmen yang dimaksud adalah menyanggupi permintaan Pemerintah Indonesia untuk memproduksi kendaraan listrik dengan kapasitas 600.000 di tahun 2030 mendatang.


“Jadi komitmen dalam Prepres No.79 Tahun 2023 adalah memberikan insentif untuk bisa tes pasar untuk yang berkomitmen membangun kapasitas produksi di Indonesia,” jelasnya.



Mitsubishi Indonesia Mulai Produksi Kendaraan Listrik


Mitsubishi Motors menunaikan janjinya untuk memproduksi mobil listrik di Indonesia. Adalah Minicab MiEV yang merupakan kendaraan niaga listrik yang diproduksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).


Mobil listrik ini sendiri saat resmi diniagakan nanti akan mengusung nama Mitsubishi L100 EV. Dia menjadi model elektrifikasi pertama Mitsubishi yang diproduksi di luar Jepang. 


"Dengan dimulainya produksi kendaraan listrik Mitsubishi di luar negeri, Mitsubishi berharap dapat memenuhi permintaan kendaraan listrik yang terus meningkat di kawasan ASEAN. Selain itu, pada saat yang sama berkontribusi pada inisiatif lingkungan hidup di negara ini," ucap President and CEO Mitsubishi Motors Takao Kato, dalam keterangannya, Jumat (15/12/2023).


L100 EV nantinya akan diproduksi di pabrik MMKI di Bekasi, Jawa Barat. Pabrik ini mulai berproduksi pada April 2017 lalu dan memiliki kapasitas produksi 220.000 kendaraan per tahun di atas lahan seluas 30 hektar.


Fasilitas produksi ini memiliki sekitar 3.900 orang pekerja dan menjadi tempat produksi model-model seperti Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, L300, Xforce dan terbaru L100 EV.


"Penetapan Indonesia sebagai negara pertama yang melakukan produksi lokal L100 EV atau Minicab EV merupakan langkah signifikan bagi Mitsubishi Motors, dan sebagai distributor di Indonesia, kami bangga menjadi bagian dari inisiatif lingkungan ini. Dengan kajian yang tengah dilakukan sebelumnya di Indonesia terkait efisiensi penggunaan BEV pada segmen kendaraan niaga ringan, kami siap untuk mulai memasarkan produk ini di Indonesia pada awal tahun depan," ucap Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).



Komitmen Perusahaan


L100 EV adalah kendaraan dengan desain monobox yang dilengkapi dengan sistem EV. Penempatan baterai penggerak di bagian bawah tengah lantai memastikan komponen EV dapat dipasang tanpa mengorbankan ruang kargo kendaran yang besar. Pusat gravitasi yang rendah memberikan stabilitas kemudi dan pengendaraan yang menyenangkan.


Kehadiran model ini adalah upaya intensif Mitsubishi di berbagai bidang yang bertujuan untuk mencapai masyarakat netral karbon serta meningkatnya permintaan EV pada industri logistik dan komersial untuk kegiatan bisnis yang berkelanjutan.


Ini menjadi kontribusi Mitsubishi Motors pada pengurangan emisi CO2 pada tahap terakhir dari penggunaan komersial dengan Mitsubishi Minicab EV atau L100 EV. 


Sebelumnya, Mitsubishi Minicab MiEV selalu jadi perhatian di lantai pameran Mitsubishi. Beberapa kali model ini selalu dibawa dan menunjukkan arah Mitsubishi menyambut era kendaraan listrik di Indonesia. 


Soal spesifikasi L100 EV yang nantinya akan hadir, belum ada informasi resmi dari Mitsubishi. Namun kemungkinan sama dengan versi yang sudah hadir di Jepang.






PT Rifan Financindo Berjangka - Gfr

0 komentar:

Posting Komentar