Rabu, 31 Januari 2024

PT Rifan - Peningkatan IHSG Didorong oleh Sektor Bahan Baku

 


PT Rifan Financindo Berjangka - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan tren positif pada Selasa sore, dipimpin oleh saham-saham di sektor bahan baku. IHSG ditutup dengan kenaikan sebesar 8,30 poin, atau 0,11 persen, mencapai 7.256,23. Sementara itu, indeks LQ45 yang mewakili 45 saham unggulan mengalami penurunan ringan sebesar 1,59 poin atau 0,16 persen, ditutup pada 971,77.

Pergerakan positif pasar ini dipengaruhi oleh performa baik secara keseluruhan di bursa saham regional Asia. Ini menyusul komitmen pemerintah China untuk menstabilkan pasar modal, sebagaimana diungkapkan dalam rapat kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri China Li Qiang. Para pejabat berjanji untuk menyuntikkan dana jangka menengah dan panjang ke pasar modal guna memastikan stabilitas dan mendorong perkembangan yang sehat.

Baca juga : TIPS AND TRICK - Tips dan Trik untuk Menjaga Rumah Bebas Nyamuk pada Musim Hujan

Secara bersamaan, Bank of Japan mempertahankan kebijakan moneter longgar dalam pertemuan pertamanya tahun ini, sejalan dengan harapan pasar. Fokus di dalam negeri tetap pada kontroversi pajak hiburan. Meskipun pemerintah awalnya mengusulkan insentif pajak, pelaku usaha menyatakan keberatannya karena khawatir tarif pajak tinggi akan memberatkan sektor tersebut, berdampak pada pendapatan, dan menyebabkan pemangkasan pegawai.

Saat IHSG dibuka dengan kuat, ia tetap bertahan di wilayah positif sepanjang sesi perdagangan saham pertama dan terus berlanjut di zona hijau hingga penutupan sesi kedua. Menurut Indeks Sektoral IDX-IC, sektor bahan baku mengalami kenaikan sebesar 0,20 persen, sementara sektor transportasi & logistik, industri, dan properti masing-masing mengalami penurunan sebesar 1,98 persen, 1,39 persen, dan 1,16 persen.

Saham-saham yang mengalami kenaikan mencolok termasuk BABY, SSMS, TPIA, KOKA, dan PTRO, sedangkan saham-saham seperti CGAS, HUMI, MAYA, GRIA, dan NICE termasuk yang mengalami penurunan terbesar. Frekuensi perdagangan mencatat 1.239.322 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan mencapai 15,61 miliar lembar saham senilai Rp10,08 triliun. Pasar menyaksikan 156 saham naik, 379 saham turun, dan 229 saham tidak bergerak.

PT Rifan Financindo Berjangka -  Glh

0 komentar:

Posting Komentar