Kamis, 07 September 2023

PT Rifan - IHSG Menguat di Tengah Pergerakan Variatif Pasar Asia

 


PT. Rifan Financindo Berjangka - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indonesia di Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan ketahanan pada Rabu pagi ini di tengah pergerakan yang bervariasi di pasar saham Asia.

Menurut laporan dari Antara, IHSG dibuka dengan kenaikan sebesar 8,39 poin, atau 0,12 persen, mencapai 7.000,10 poin. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan dalam indeks LQ45 naik sebesar 0,55 poin, atau 0,06 persen, mencapai 969,22 poin.

Baca Juga : Rencana Milan untuk Mengisi Celah di Skuad, dengan Duo dari Lille dan Real Betis

Fanny Suherman, Kepala Analis Riset Ritel BNI Sekuritas, berkomentar, "IHSG berpotensi untuk menembus level 7.000 hari ini, didorong oleh optimisme meningkatnya likuiditas menjelang Pemilu 2024. Level dukungan berada di kisaran 6.950-6.970, dengan resistensi di kisaran 7.020-7.050."

Pada hari Selasa (5/9/2023), sebagian besar bursa saham di wilayah Asia Pasifik mengalami koreksi, dengan penurunan paling dalam terjadi pada Indeks Hang Seng (Hong Kong). Demikian pula, Indeks Shanghai (China) mencatat penurunan yang signifikan.

Sementara itu, Bank Reserve Australia mempertahankan suku bunganya pada level 4,1 persen, sesuai dengan perkiraan.

Korea Selatan mengumumkan laju inflasi sebesar 3,4 persen year on year (yoy) untuk bulan Agustus 2023, melampaui perkiraan. Hari ini, Australia akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 2023.

Dari Amerika Serikat (AS), Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup melemah sebesar 0,56 persen pada hari Selasa (5/9) kemarin, dengan S&P 500 turun 0,42 persen, dan Indeks Nasdaq juga mengalami koreksi sebesar 0,08 persen.

Harga minyak dunia naik setelah Arab Saudi dan Rusia memperpanjang pemotongan pasokan sukarela mereka. Kenaikan harga minyak ini memberikan tekanan pada saham-saham maskapai penerbangan dan kapal pesiar. Saham-saham seperti American Airlines, United Airlines, Delta Air Lines, dan Carnival semuanya turun lebih dari 2 persen.

Kinerja IHSG hari ini mencerminkan sifat dinamis pasar global, dengan para investor dengan cermat memantau perkembangan ekonomi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

PT. Rifan Financindo Berjangka - Glh


0 komentar:

Posting Komentar