Rabu, 13 September 2023

PT. Rifan - IHSG Turun Bersama Bursa Asia dalam Tengah Ketegangan AS-China

 


PT. Rifan Financindo Berjangka - Bursa Saham Indonesia (IHSG) dan bursa saham Asia lainnya menghadapi tekanan penurunan di tengah eskalasi ketegangan antara China dan Amerika Serikat. Dalam artikel ini, kita akan menggali alasan di balik gejolak pasar ini dan dampak potensialnya.

Di tengah latar belakang meningkatnya ketegangan geopolitik, pasar keuangan di seluruh Asia, termasuk IHSG, mengalami penurunan. Ketegangan ini terutama berasal dari konflik berkelanjutan antara China dan Amerika Serikat.

Baca juga : 3 Tips Olahraga Malam agar Sehat dan Bugar Menurut Ahli

Indeks MSCI untuk saham-saham Asia Pasifik (di luar Jepang) turun 0,2% pada awal perdagangan dan 1,4% selama seminggu. Pasar Hong Kong tutup karena badai, dan Nikkei Jepang turun 0,8%. Di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah, ditutup pada angka 6.921,77 pada tanggal 8 September 2023.

Kekhawatiran investor semakin meningkat akibat laporan tentang pembatasan penggunaan iPhone oleh pegawai pemerintah China. Tindakan ini, bersamaan dengan ketakutan akan proteksionisme yang semakin meningkat, telah menyebabkan penurunan signifikan dalam kapitalisasi pasar Apple, sekitar $200 miliar dalam dua hari.

Kyle Rodda, seorang analis di Capital.com, menyampaikan keprihatinan bahwa larangan sebagian China terhadap produk Apple dapat memicu kembali ketegangan perdagangan dan sengketa diplomatik antara China dan Amerika Serikat. Sektor teknologi juga menghadapi tekanan tambahan akibat kenaikan imbal hasil obligasi AS, yang memicu spekulasi bahwa suku bunga AS bisa mencapai level tertinggi dalam dua dekade.

PT. Rifan Financindo Berjangka - Glh


0 komentar:

Posting Komentar