Rabu, 24 Januari 2024

PT Rifan - Keyakinan Investor Merosot, Koreksi Tipis pada Harga Emas Dunia



PT Rifan Financindo Berjangka – Keyakinan investor mengalami penurunan, menyebabkan koreksi tipis dalam harga emas dunia. Pada pembukaan perdagangan hari ini, harga emas global mengalami penurunan energi karena potensi penurunan suku bunga dalam waktu dekat semakin mengecil. Menurut Investing.com, harga emas dunia acuan XAU/USD melemah sebesar 0,12 persen atau 2,36 basis poin menjadi USD2.027 per ons. Harga emas dunia sudah naik 5,35 persen dalam setahun.

Baca juga : INDEX NEWS UPDATE - Harga Emas Pada Hari Ini Rabu 24 Januari 2024

Pasar emas terus berkonsolidasi dalam kisaran yang sempit karena investor bolak-balik menentukan waktu penurunan suku bunga Federal Reserve (The Fed) tahun ini. Menjelang akhir pekan, pasar sekarang melihat peluang penurunan suku bunga sekitar 50 berbanding 50 pada Maret. Ekspektasi telah turun secara signifikan dibandingkan minggu lalu ketika pasar melihat penurunan sebesar 80 persen pada bulan depan. Pergeseran kebijakan moneter AS yang hawkish menyebabkan harga emas jatuh ke level terendah dalam lima minggu tepat di atas USD2.000 per ons.

Strategis pasar senior di Forex.com, James Stanley, memperkirakan volatilitas yang lebih tinggi di pasar emas karena harga berkonsolidasi dan menguji support di sekitar USD2.000 per ons. Namun, dia mencatat bahwa setiap penurunan besar pada emas merupakan peluang pembelian yang kuat.

Beberapa analis menekankan pentingnya bagi investor emas untuk tetap waspada terhadap dolar AS, karena fluktuasinya terus berdampak pada pergerakan harga logam mulia. Analis pendapatan tetap di TD Securities menyatakan bahwa penurunan Indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan Federal Reserve, dapat mendukung rencana pelonggaran bank sentral. “Meskipun IHK inti Desember kuat, kami memproyeksikan ekspansi inflasi PCE inti yang lebih ringan sebesar 0,2 persen per bulan. Data Desember kemungkinan akan menunjukkan bahwa momentum 3 bulan atau 6 bulan telah turun di bawah target dua persen,” kata para analis pendapatan tetap. Pada saat yang sama, dampak data ekonomi terhadap emas hanya terbatas karena harga terus berada pada level support kritis.

PT Rifan Financindo Berjangka – Glh

0 komentar:

Posting Komentar